Balapan Isle Of Man TT IOMTT

Balapan Isle of Man TT Tourist Trophy atau yang biasa disebut Isle Of Man TT atau IOMTT saja, sering disebut-sebut sebagai event terbesar di dunia balap Motorsports dan mendapat predikat sebagai kejuaraan balap motor paling bergengsi dan tertua, sekaligus paling berbahaya di dunia. Di indonesia sendiri Isle Of Man TT biasa disebut balapan cap kaki tiga, karena mengacu pada logo IOMTT yang bergambar tiga kaki bersatu.


Sejarah Balap Isle Of Man TT

Balapan Isle of Man TT IOMTT merupakan kejuaraan balap motor tahunan yang digelar di pulau man atau manx yang terletak di perairan Irlandia Utara antara pusat geografis Kepulauan Inggris, wales dan Skotlandia. IOMTT Diselenggarakan tepatnya pada akhir bulan Mei sampai awal bulan Juni. Balapan ini mengadopsi jalan raya umum sebagai lintasan balapnya dimana balapan pertama IOMTT berlangsung pada tahun 1907 yang menjadikan IOMTT sebagai salah satu balapan motor tertua di dunia.

Balapan Isle Of Man TT

Kejuaraan Balap Isle Of Man TT Tourist Trophy bermula ketika parlemen Inggris mengeluarkan peraturan tentang batas kecepatan pengendara sekitar 20 mph. Dengan adanya aturan ini para klub otomotif inggris pun harus mencari cara untuk tetap bisa balapan tanpa terhadang oleh peraturan tersebut. Setelah sekian lama akhirnya mereka memutuskan Pulau Man sebagai tempat baru untuk ajang balapan, dikarenakan Pulau Man memiliki parlemen tersendiri yang tidak ada peraturan tentang batas kecepatan seperti yang terdapat di parlemen Inggris.

Balap IOMTT digelar di Snaefell Mountain Course pada tahun 1907 oleh Auto Cycle Union (ACU) yang sebelumnya bernama Auto Cycle Club, dimana Charles R. Collier menjadi pembalap pertama yang menjuarai balap IOMTT. Pada tahun 1949 sampai tahun 1976 kejuaraan balap motor ini resmi menjadi bagian dari FIM Motorcycle Grand Prix World Championship (sekarang bernama MotoGP).

 Balap Isle Of Man TT

Kemudian pada tahun 1977 balapan IOMTT dipindahkan dari Pulau Man ke Inggris oleh FIM dikarenakan faktor keamanan dan finansial, dan dijalankan sebagai British Grand Prix Championship. Pada tahun yang sama yaitu tahun 1977 sampai tahun 1989 balapan di Isle Of Man TT tetap berjalan dan menjadi bagian dari Formula 1 TT Championship yang bertujuan untuk mempertahankan balapan prestise dan legendaris di Pulau Man ini.

Akhirnya pada tahun 1989 hingga sekarang, Balapan Isle Of Man TT - IOMTT telah dikembangkan dan diselenggarakan secara independen oleh ACU Event Ltd dan Dinas Pariwisata Pulau Man sebagai Isle of Man TT Festival, yaitu sebuah acara yang bukan hanya sekedar balapan, namun ada acara lain seperti karnaval, temu fans motorsports, touring bersama mengelilingi pulau, pameran sepeda motor, seminar, diskusi dan lain-lain.


Lintasan Balap Isle Of Man TT

Lintasan balap yang digunakan adalah jalanan umum yang biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari penduduk Pulau Man, dengan panjang trek sekitar 60.72 km atau 37.73 mil. Bernama Snaefell Mountain Course, lintasan tersebut akan mengitari dan melintasi perumahan penduduk, perkotaan kecil, perkebunan, ngarai, perbukitan, pinggir pantai, padang rumput, hutan kecil dan tebing-tebing curam.

Luas jalanan umum yang terdapat di Snaefell Mountain Course rata-rata selebar 4 sampai 5 meter dengan berbagai macam tikungan dan jalanan yang bergelombang, kadang ada beberapa bagian lintasan yang kanan kirinya diapit oleh pagar tembok berbatu, tembok rumah penduduk, tiang listrik, pagar besi, tebing jurang, pepohonan bahkan penonton yang sangat dekat dengan trek.

Walau kondisi trek yang cukup sempit dan jauh dari kata safety, akan tetapi kecepatan motor yang dikendarai para pembalap bisa mencapai angka 200 mph (320 km/jam). Inilah yang membuat balapan Isle Of Man TT sebagai balapan paling berbahaya dan cukup ekstrem di dunia, tidak ada gravel/pasir untuk menahan laju pembalap ketika crash keluar lintasan dan tidak ada pagar pembatas berpelindung ban ditepian tebing maupun bukit.

Lintasan Balap IOMTT

Untuk menaklukan lintasan balap IOMTT ini para pembalap bukan hanya bermodal tingkat keterampilan tinggi, namun harus memiliki mental besar dan keberanian ekstra yang dibarengi dengan konsentrasi tinggi hingga faktor keberuntungan. Menariknya lagi, ada papan slogan yang terdapat di Pulau Man bertuliskan :
"Jika Anda tidak suka aturan kami, banyak perahu untuk (membawamu pulang) setiap setengah jam"
Bukan tanpa alasan slogan tersebut dibuat, karena balapan ini telah melalui banyak protes dan kritikan. Baik dari segi penyelenggaraan, kurangnya pengawas race sampai dengan faktor keamanan yang mengakibatkan banyaknya jumlah korban jiwa pada balapan IOMTT.


Balapan Isle Of Man Tourist Trophy

Format balapan Isle Of Man TT sebenarnya hampir sama seperti balapan-balapan lain pada umumnya, balapan IOMTT menerapkan satu minggu untuk babak Latihan dan kualifikasi diakhir bulan Mei dan satu minggu untuk babak race diawal bulan Juni.
  • Sinyal Pertama (45 menit sebelum start), melakukan pemanasan mesin di Race Paddock dan area perakitan.
  • Sinyal Kedua (30 menit sebelum start), melakukan persiapan dan pengecekan akhir menuju babak race.
  • Sinyal Ketiga (15 menit sebelum start), para pembalap berkumpul di belakang gerbang start dan mengisi form-up sesuai urutan kualifikasi.
  • Sinyal Keempat (5 menit sebelum start), para pembalap menempati grid dan bergerak menuju gerbang start.
  • Sinyal Kelima race dimulai dan setiap pembalap dilepas start satu persatu setiap interval 10 detik.

Untuk babak race dilaksanakan dalam bentuk time trial race, dimana motor akan mulai start satu per satu yang kemudian pembalap memacu motor mereka sekencang kencangnya guna mencari waktu tercepat untuk mengelilingi lintasan Snaefell Mountain Course tersebut.

Kejuaraan Balap IOMTT terbagi menjadi beberapa kelas, diantaranya adalah kelas Superbike 1.000cc, Superstock 1.000cc, Supersport 600cc, Lighweight dan Sidecar 600cc (motor dengan kereta samping). Sebagian pabrikan motor dunia pernah ambil bagian di ajang IOMTT Race ini diantaranya yaitu Honda, Yamaha, Suzuki, Norton, Kawasaki, BMW, MV Agusta, Triumph, Ducati, Ariel, Benelli dan lain-lain.

Sejarah Isle Of Man TT


Data Dan Fakta Balap Isle Of Man TT

Berikut beberapa data dan fakta menarik tentang kejuaraan balap IOMTT yang berhasil Posmotif rangkum dari berbagai sumber.
  • Tahun 2019 menjadi balapan Isle Of Man TT yang ke 100.
  • Menurut catatan statistik, setiap tahun balapan IOMTT selalu menelan korban jiwa.
  • Sampai artikel ini dibuat, total kematian sudah mencapai 258 orang. Jumlah kematian tersebut termasuk para pembalap, kru pembalap, marshall bahkan para penonton.
  • Kematian tertinggi di balapan IOMTT terjadi pada tahun 2006 yang merenggut 9 nyawa pembalap.
  • Lintasan IOMTT merupakan lintasan jalan raya tertua yang sampai saat ini masih digunakan untuk balapan.
  • Dibeberapa titik lintasan balap hampir tidak ada pembatas antara penonton dengan lintasan balap.
  • Balapan Isle Of Man TT lebih tua dari MotoGP dan WorldSBK. Namun Ajang Isle Of Man Tourist Trophy kalah populer.
  • Paddock di IOMTT memungkinkan para penggemar bebas berjalan disekitar area paddock dan berbaur dengan para pembalap dan kru official tim.
  • Charles R. Collier menjadi pembalap pertama yang menjuarai IOMTT tahun 1907.
  • Joey Dunlop menjadi pembalap yang paling banyak menjuarai IOMTT sebanyak 26 kali (1977-2000).
  • Kecepatan menembus 100 mph di balap IOMTT pertama kali di raih oleh Bob McIntyre pada tahun 1957.
  • Kecepatan tertinggi IOMTT yang pernah dicapai adalah 206 mph (332 km/jam) yang diraih oleh Bruce Anstey tahun 2006. Sayangnya, data hanya direkam oleh perangkat lunak pada sepeda motornya, sehingga dianggap sebagai catatan tidak resmi.
  • Peter Hickman pemegang Lap Record dengan 16 menit 42.778 detik (217.989 km/jam) pada tahun 2018.
  • Sejak 1907, event IOMTT hanya pernah dibatalkan oleh Perang Dunia, yaitu pada tahun 1915-1919 dan 1940-1946.
  • Tahun 1954 adalah tahun pertama bagi pembalap wanita ikut serta dalam balapan Isle Of Man TT. Inge Stoll turun di kelas sidecar sebagai penumpang.


Pendapat Para Pembalap Top Tentang Balap IOMTT

Balapan Isle Of Man TT telah menjadi magnet besar bagi para pembalap dan fans motorsports sampai para wisatawan asing. Tidak sedikit pembalap top dunia yang pernah mencicipi lintasan balap IOMTT. Berikut tanggapan beberapa pembalap top dunia tentang balapan IOMTT ini. Beberapa diantaranya yaitu :

Pembalap IOMTT

Valentino Rossi
“TT adalah kejuaraan balap motor dengan dimensi yang berbeda. Peserta harus benar-benar terampil, gila dan nekat. Ada tiga atau empat titik berbahaya di lintasannya, dimana anda harus melewatinya tanpa harus berpikir, Jika seorang pembalap membuat kesalahan di situ, sangat mungkin itu akan menjadi kesalahan terakhirnya dan akan berakhir dengan kematian," lebih lanjut Rossi mengatakan :

"Dan semua pembalap TT itu gila, awalnya saya tak habis pikir mengapa orang-orang tergila-gila pada balapan yang begitu berbahaya. Tapi ketika saya menghadiri dan mengikuti parade satu putaran disana, saya menyadari bahwa sirkuitnya memang sangat menakjubkan."

“Ketika berada di sana, saya belajar banyak dari papan slogan "Jika Anda tidak suka aturan kami, banyak perahu untuk membawamu pulang setiap setengah jam" tutup Rossi.
Giacomo Agostini
"mengalahkan Rossi di balap Isle of Man TT akan sangat mudah"
Angel Nieto
"Sudah bertahun-tahun sejak saya berada di IOMTT dan akan sangat emosional untuk berada di balapan IOMTT lagi. Ini adalah sirkuit yang sangat sulit dan balapan yang unik, sangat berbeda dari MotoGP, dan ini hanya untuk pembalap paling berbakat"
Loris Capirossi
"Balapan Isle Of Man TT hanya untuk pembalap sejati"
Michael Doohan
"TT telah dikenal luas, secara fisik paling menantang dan lintasan balap IOMTT paling berbahaya di dunia”
Jorge Lorenzo
"Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk berada di TT tahun ini dan mengendarai Yamaha R1 bersama Angel." (Angel Nieto).

"Ini akan menjadi kehormatan besar bagi saya karena ini adalah salah satu balapan paling terkenal dan epik, yang masih menyimpan semua makna dari balapan sepeda motor dan para pembalap IOMTT layak mendapat penghormatan terbesar."

Di indonesia sendiri ada balapan yang serupa dengan balapan IOMTT, yaitu Balapan Isle Of Belitung TT. Jika TT di Isle of Man berarti Tourist Trophy, maka TT di Isle of Belitung berarti Throne Trophy. Isle Of Belitung TT akan di posting oleh posmotif pada artikel terpisah.

Balapan Isle Of Man TT IOMTT telah menjadi race impian bagi para pembalap motor dunia. Bukan hanya balapan semata, akan tetapi Balapan IOMTT telah menjadi acara tahunan untuk berkumpulnya para produsen motorsport, modifikator, klub motor, komunitas motor dan para fans motorsport dari seluruh dunia. Berikut ini adalah cuplikan video Balapan IOMTT dari kanal youtube Posmotif. Jangan lupa untuk klik tombol subscribe


Update : 16 Maret 2020
Balapan Isle Of Man TT IOMTT Tahun 2020 dicancel untuk mencegah penyebaran Covid 19 atau Virus Corona

Sumber :
Isle Of Man TT Official https://www.iomtt.com
100 Years IOMTT Book by David Wright
TT Closer To The Edge Movie
Isle Of Man TT Wikipedia

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

6 Komentar untuk "Balapan Isle Of Man TT IOMTT"

  1. Liat balapannya di youtube ngeri2 sedap.
    Thanks infonya bro,

    BalasHapus
  2. Seru padahal tp sayang lebih tenar motogp ya gan

    BalasHapus
  3. Adrenalin sama atmosfir balapan nya juga beda ini mah

    BalasHapus
  4. Setuju dengan semua komen di atas.
    Thanks

    BalasHapus
  5. KOINSLOT888 SITUS SLOT TERBAIK DAN TERPERCAYA
    DAPATKAN BONUS" DAN EVENT MENARIK

    💎 KOINSLOT888
    💎 WEBSITE SLOT TERBAIK

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Navigasi Home Artikel