Review Kawasaki Ninja 250 FI Lengkap Berikut Spesifikasi Dan Pemakaian Harian

Review Kawasaki Ninja 250 FI - Setelah pemakaian selama lima tahun, motor ninja 250 ini tetap berkesan positif, tidak rewel, performa tetap bagus dan tidak ada penurunan performa secara signifikan. Dengan catatan saya tidak melakukan perubahan atau modifikasi pada mesin maupun kelistrikan, dan selalu melakukan perawatan secara berkala yang diimbangi dengan mengendarai motor Kawasaki Ninja 250 FI secara normal.



Review Ninja 250 FI

Review Ninja 250 FI

Kesan pertama saya pada saat melihat motor Ninja 250 FI dirasa sangat baik. Bisa dilihat dari penampilan sang motor yang terlihat memiliki desain sporty dan elegan. Atas dasar kesan pertama tersebut, posmotif mulai mencari info lebih tentang spesifikasi rinci sang Ninja 250. Berikut Spesifikasi Kawasaki Ninja 250 FI yang dikutip langsung dari kawasaki-motor.com


Spesifikasi Ninja 250 FI

Informasi yang tertera dibawah ini untuk Spesifikasi Motor Ninja 250 FI SE Tahun 2015. Dimana spesifikasi, warna dan model bisa saja berbeda-beda atau berubah sewaktu-waktu.

Spesifikasi Ninja 250 FI SE 2015

Model : Ninja 250 FI (EX250)
Tipe mesin : 249cc, 4 tak, 2 silinder, DOHC, fuel injection, slipper clutch
Transmisi : 6 kecepatan
Sistem pendingin : Berpendingin cair
Sistem starter : Elektrik
Diameter x Langkah : 62 mm x 41.2 mm
Daya maksimum : 23,5 Kw/11.000 rpm
Torsi maksimum : 21 Nm/10.000 rpm
Dimensi P x L x T : 2.010 x 715 x 1.110 mm
Wheel Base : 1.400 mm
Berat : 172 kg
Kapasitas tangki : 17 liter

Tipe Kawasaki Ninja 250 FI ABS
Perbedaan tipe ABS hanya terletak pada model stripping dan sistem pengereman. Untuk model ini sudah dibekali dengan sistem pengereman ABS - Anti Lock Breaking System, sebuah fitur yang berfungsi agar rem tidak mengunci ketika motor melakukan pengereman mendadak. Posmotifer bisa kunjungi situs kawasaki-motor.com untuk melihat :
Spesifikasi Motor Ninja 250 Terupdate


Desain Motor Ninja 250 FI

Untuk desain sebenarnya tergantung dari sudut pandang dan selera masing-masing personal. Tetapi menurut posmotif, desain Ninja 250 FI terlihat futuristik, sporty dan elegan. Bahkan bisa dibilang desain motor ini tidak akan lekang dimakan waktu, dan tidak kalah dengan desain New Yamaha R25 ataupun Honda CBR 250RR.

Review Desain Ninja 250 FI

Panel Spedometer Dan Stang Kemudi

Panel spedometer Kawasaki Ninja 250 fi menggunakan model kombinasi antara analog dan digital, panel analog menampilkan indikator rpm, sedangkan panel digital menampilkan informasi kecepatan, multitrip, indikator eco riding, jam dan indikator bahan bakar. Stang kemudi belum menggunakan model underyoke, namun justru itulah yang membuat Kawasaki Ninja 250 FI cukup nyaman dikendarai guna menempuh perjalanan jarak menengah.

Windshield, Headlamp Dan Fairing

Untuk desain bagian depan, tarikan desain dan lekukan dari windshield ke headlamp sampai ke bagian paruh motor terlihat cukup tegas dan berkarakter. Disambung dengan bagian fairing yang modelnya terlihat seperti sirip ikan hiu, membuat tampilan Ninja 250 FI ini tampak dinamis dan elegan.

Mesin Kawasaki Ninja 250 FI

Mesin Ninja 250 FI tampil cukup kekar dan berisi walau tertutup sebagian oleh undercowl yang menyatu dengan fairing. Tampilan pada bagian mesin ini tidak tampak celah kekosongan atau kesan kopong, sehingga menghasilkan kesan motor yang padat dan berisi.

Seat Dan Bagian Buritan

Desain bagian seat atau jok pengendara dan jok penumpang pada Ninja 250 FI menganut model terpisah atau yang biasa disebut split seat, melihat lebih lanjut ke arah buritan, akan tampak desain lampu rem, lampu sein dan spakbor yang terlihat menyatu dengan cukup baik.

Model Silincer Atau Knalpot

Model silincer cukup besar dan berhasil mengimbangi bodi motor yang memang terlihat bongsor. Sehingga secara keseluruhan, desain seat, bagian buritan dan silincer atau knalpot berhasil menambah kesan sporty pada motor Kawasaki Ninja 250 FI.

Review Lengkap Ninja 250

Shockbreaker, Velg dan Ban

Beralih ke bagian kaki-kaki, Kawasaki Ninja 250 FI masih menggunakan shock model teleskopik di bagian depan dan swingarm monoshock di bagian belakang. Untuk velg Ninja 250 menggunakan 2 buah merk yang berdesain sama, untuk Tipe SE yang saya review menggunakan velg merk ENKEI dibalut ban bridgestone tipe battlax BT-39. Diameter velg masih tetap sama 17 inch yang dilengkapi rem cakram depan belakang.


Review Kawasaki Ninja 250 FI Pemakaian Harian


Fungsi-fungsi Pendukung

Ketika pertama kali motor di start, suara mesin yang terdengar cukup halus, semua panel-panel saklar berfungsi dengan baik seperti saklar lampu utama, dimmer, lampu sein, lampu stop dan engine cut. sayangnya Ninja 250 FI belum menggunakan sistem pencahayaan LED.

Lampu utama memakai tipe soket H7, lampu stop dan sein memakai tipe bulb. Lalu pada bagian spedometer menampilkan informasi yang cukup lengkap, seperti yang telah disebutkan diatas. Khusus untuk indikator eco riding hanya tampil ketika pengendara memacu motornya sesuai dengan kecepatan yang dianjurkan.

Performa Mesin Ninja 250 Fi

Suara Mesin Ninja 250 FI berkarakter cukup halus ketika dikendarai, getaran mesin yang dihasilkan tidak begitu terasa sampai ke stang ataupun bodi motor. Akselerasi motor cukup responsif dan bertenaga, ketika melakukan shifting atau perpindahan gigi dirasa sangat empuk, mungkin karena setelan tuas kopling pada motor saya yang di setting tidak terlalu rapat. Kelebihan lain tipe SE adalah adanya penambahan teknologi slipper clutch. Sayangnya saya tidak bisa meraih top speed motor Ninja 250 FI ini, dikarenakan hanya mengendarai motor secara normal-normal saja.

Konsumsi Oli Mesin

Penggantian oli mesin pada motor Ninja 250 FI membutuhkan oli sebanyak 2 liter, dan sejumlah 2,4 liter jika diikuti dengan penggantian filter oli. Oli motor yang direkomendasikan berjenis full sintetis 10w-40.

Konsumsi Bahan Bakar

Harus diakui konsumsi bbm Motor Ninja 250 FI terbilang cukup boros jika di bandingkan para pesaingnya seperti Yamaha R25, Yamaha MT25 dan Honda CBR250RR. Tetapi jangan khawatir, perbedaan atau perbandingannya tidak terlalu jauh, semua tergantung dari gaya pengendara ketika mengendarai motor tersebut. Untuk konsumsi 1 liter bbm jenis pertamax, sang ninja mampu menempuh jarak kurang lebih sekitar 28 km.

Posisi Saat Berkendara

Posisi saat berkendara tidak terlalu menunduk, sehingga masih nyaman dikendarai dan tidak terlalu cepat menimbulkan efek lelah. Ketika dijalanan lurus dan panjang, motor ini stabil dan mampu melesat dengan cepat, dan diajak melahap tikungan tajam, pengendalian motor Ninja 250 FI dirasa masih cukup enak dan stabil berkat dukungan dan cengkraman ban bridgestone battax.

Pengereman Bagian Depan Dan Belakang

Sistem pengereman motor yang di review belum menggunakan teknologi ABS. Akan tetapi rem depan dan rem belakang bisa bekerja dengan sangat baik untuk menghentikan laju motor. Pada saat motor dicoba untuk mengerem di tikungan, motor ini tidak menampakan gejala berarti seperti oleng ke kanan atau ke kiri.

Mengendari Dengan Berboncengan

Mengendarai Ninja 250 FI sendirian tidak ada masalah dan nyaman-nyaman saja, namun akan berbeda halnya jika di kendarai secara berboncengan, apalagi menempuh perjalanan jarak jauh. Efek cepat lelah akan segera terasa, karena bobot motor ini mencapai 172 kg. Efek cepat lelah akan semakin terasa jika menemui kondisi jalanan yang agak macet, seperti tangan yang kebas atau kesemutan dan daerah sekitar pundak bahu yang terasa agak sakit.

Total Biaya Servis Berkala

Total biaya yang harus dikeluarkan untuk melakukan servis perawatan rutin di bengkel resmi kurang lebih sekitar 200.000 rupiah, biaya tersebut belum termasuk penggantian oli, suku cadang dan lain sebagainya. Nah untuk rekan-rekan pemilik ninfi yang ingin melakukan servis rutin, servis ringan atau servis berkala secara mandiri, bisa mengklik tautan berikut : Coming soon.

Review Pemakaian Harian Ninja 250 FI


Kelebihan Dan Kekurangan Ninja 250 FI

Berikut kelebihan dan kekurangan motor Kawasaki Ninja 250 FI menurut pandangan atau versi posmotif.

Kelebihan

  • Desain futuristik, elegan, sporty dan tidak lekang dimakan waktu.
  • Kualitas motor sangat baik. Terlihat dari cat, las-lasan rangka yang rapi, sambungan yang presisi antar bagian dan material plastik yang cukup tebal dan tidak getas.
  • Shifter atau perpindahan gigi di setiap kecepatan bekerja cukup halus, tidak menghasilkan hentakan atau suara keras ketika melakukan oper gigi.

Kekurangan

  • Konsumsi bahan bakar agak boros jika dibandingkan para pesaingnya.
  • Di spedometer tidak terdapat indikator posisi gear.
  • Rem belakang yang terlalu pakem, sehingga kadang-kadang membuat ban belakang menjadi slip ketika melakukan pengereman agak keras atau hardbrake. Mungkin hal tersebut terjadi, karena saya tipe rider yang selalu biasa memprioritaskan penggunaan rem depan.
  • Harga partnya terbilang mahal, contohnya seperti part bodi atau fairing, jadi harus ekstra hati-hati menjaga bodi motor Kawasaki Ninja 250 FI.


Kesimpulan Review
Motor ini mempunyai karakter beraura sporty, didukung kualitas produk dan material yang baik dan cukup layak untuk di miliki, namun biaya perawatan yang dikeluarkan agak mahal. Itu wajar karena biaya perawatan motor kelas 250cc tidak bisa disamakan dengan motor berkapasitas mesin dibawahnya.

Review Kawasaki Ninja 250 FI Lengkap

Review Kawasaki Ninja 250 FI Lengkap Berikut Spesifikasi Dan Pemakaian Harian ini, didasari dari pengalaman pribadi posmotif, tanpa ada unsur-unsur apapun didalamnya. Mudah-mudahan di lain kesempatan posmotif akan mencoba review motor Yamaha R25, Honda CBR 250RR dan motor-motor lainnya. Mohon koreksinya jika ada kekurangan atau kesalahan pada tulisan ini, agar bisa di update pada artikel :
Review Kawasaki Ninja 250 FI

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

7 Komentar untuk "Review Kawasaki Ninja 250 FI Lengkap Berikut Spesifikasi Dan Pemakaian Harian"

  1. Mending mana ama all new ninja 250

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desain tergantung selera. Tp dari segi mesin ane rasa all new lebih baik. Apalagi konsumsi oli ga sebanyak old ninja fi.

      Hapus
  2. TT4D | TOGEL TERPERCAYA | AGEN TOGEL ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA

    TT4D Agen Togel Online TerpercayaHadiah Prize

    Dengan Fiture-fiture Terbaik sebagai berikut :
    • Hadiah 4D Semua Prize Semua Pasaran
    • BBFS 10 Digit Tanpa Batasan Line
    • Bonus Referral Sebesar 0,5% dari Semua Pemasangan Seumur Hidup
    • Tersedia Slot Pragmatic , Jokerslot , Habanero , IDNPLAY

    Hadiah & Diskon TT4D :
    • HADIAH 4D x 3.000 ( 65% )
    • HADIAH 3D x 400 ( 59% )
    • HADIAH 2D x 70 ( 29% )

    Hadiah Prize 4D ( Tidak Ada 3D 2D ) =
    Untuk Semua Pasaran Yang Ada Prize =
    Prize II : 200 Ribu ( 4D )
    Prize III : 100 Ribu ( 4D
    Started Prize : 55 Ribu ( Hanya 4D )
    Consolation : 25 Ribu ( 4D )
    # Prize di bayar pada Prize tertinggi saja dan tidak berlaku KELIPATAN.
    # Hadiah akan masuk ke Akun Setelah Result Pasaran.
    PRIZE I NORMAL DISKON 65% HADIAH x 3000 ( 4D )

    Website Login / Daftar :
    DAFTAR TT4D

    Kontak Official :
    - WA : +855963240368

    ALTERNATIF TT4D

    BalasHapus
  3. Selamat Datang di BENTO 4D Merupakan Situs Judi Togel dan Casino Online Uang Asli Terbesar di Indonesia, Yang Menyediakan Pasaran lengkap Seperti, Sgp, Hongkong, Sydney pools night, Toto macau, Sydneypools, Kubalotto, Legian Dan Bisa Di Mainkan Dengan 1 ID, Dengan Minimal Deposit Rp.10.000,- Daftar BENTO4D Sekarang Juga.

    BalasHapus
  4. Untuk anda pecinta togel yang sedang kebingungan untuk mencari angka jitu untuk di betting di berbagai pasaran, Anda sangat tepat jika membaca komentar ini^^. Seperti uang yang jatuh dari langit, permainan togel sangatlah menjadi primadona bagi Anda yang kebingungan untuk mencari tambahan dana untuk kebutuhan sehari-hari. ayo bergabung disitus BANDUNGTOTO dan menangkan hadiahnya

    BalasHapus
  5. Sangar motor ki
    https://www.adminbengkel.my.id/2022/07/cara-mengecek-sistem-pengapian-sepeda.html

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Navigasi Home Artikel