Menonaktifkan Fitur AHO Menggunakan Saklar Tambahan

Menonaktifkan Fitur AHO Menggunakan Saklar Tambahan pada motor banyak dilakukan oleh beberapa pemilik kendaraan roda dua. Kebanyakan mereka menganggap lampu utama yang menyala terus menerus, cenderung mengakibatkan aki menjadi boros dan berpotensi membuat mika lampu meleleh. Sebenarnya para pabrikan sepeda motor telah merancang Fitur AHO ini, dengan memperhatikan dan mempertimbangkan berbagai hal.

Yamaha MT-25

AHO (Automatic Headlight On) merupakan salah satu fitur yang terdapat pada sepeda motor masa kini, fitur yang juga terdapat di sepeda motor milik Posmotif. Jujur saja, AHO menjadi fitur yang kurang Posmotif sukai, karena itulah ketika meminang sepeda motor tersebut, Posmotif langsung berniat Menonaktifkan AHO Menggunakan Saklar. Namun sebelum kepembahasan inti, simak penjelasan singkat tentang AHO berikut ini.

Sehubungan adanya program pemerintah yaitu Safety Riding Program, sesuai dengan peraturan UU Nomor 22 Tahun 2009 pasal 107 ayat 2 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan yang menyatakan : “Pengemudi Sepeda Motor selain mematuhi ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), wajib menyalakan lampu utama pada siang hari". Maka guna mendukung program dan aturan pemerintah tersebut para pabrikan sepeda motor di indonesia membuat Fitur AHO (Automatic Headlight On) yaitu sebuah fitur dimana lampu utama pada motor akan menyala secara otomatis ketika mesin sepeda motor dihidupkan.

Karena fitur inilah, maka fungsi saklar pada stang kemudi yang biasa digunakan untuk menyalakan lampu utama sengaja dihilangkan. Alhasil kita tidak bisa mematikan lampu utama. Tujuan menyalakan lampu utama pada siang hari pada dasarnya untuk mengurangi resiko kecelakaan lalu lintas akibat pengendara yang lalai dan tidak menyadari adanya kendaraan lain, Dengan adanya lampu utama yang tetap menyala, sedikit banyaknya akan lebih memudahkan pengendara lain untuk mengetahui kondisi jalan di depan atau dibelakangnya.

Lalu gimana jika bicara soal etika?, sebagai contoh, jika rumah kita melewati komplek atau masuk gang dan berpapasan dengan orang yang sedang nongkrong. Pasti banyak para rider yang mengalami kejadian tersebut, sehingga jadi tidak enak hati karena lampu utama yang menyala dan menyorot langsung ke arah mereka.

Nah... Untuk tujuan etika, penghematan dan juga berbagai macam hal, tanpa mengurangi kesadaran terhadap peraturan lalu lintas, maka Posmotif Mematikan Fitur AHO Menggunakan Saklar. Cara ini terbilang cukup mudah dengan bahan-bahan yang murah pula, namun karena kurangnya pengetahuan terhadap kelistrikan sepeda motor, Posmotif harus rela memotong jalur kabel lampu utama.

Modifikasi ringan yang akan kita lakukan khusus untuk motor Yamaha MT-25, Modifikasi ini tidak akan menghilangan fungsi lampu utama, seperti lampu dekat, lampu jarak jauh, dimmer dan lampu senja yang masih tetap menyala. hanya lampu utama dekat saja yang dinonaktifkan memakai saklar on/off, dan menyisakan alis lampu senja pada Yamaha MT25 jika mesin motor dihidupkan, seperti terlihat pada gambar di bawah.

Headlamp MT25b

Jika tertarik dengan modifikasi ringan pada Headlamp Yamaha MT25 ini, segera siapkan bahan-bahan yang disebutkan di bawah ini, yang bisa dibeli di bengkel-bengkel sepeda motor terdekat :
  • Saklar on/off
  • Crimp Connector dan Schoen
  • Isolasi kabel
  • Kabel Ties

Bahan Nonaktifkan AHO
Modifikasi ringan ini sengaja tidak dijelaskan secara panjang lebar, karena akan lebih baik jika langsung download video tutorial berikut melalui link google drive (Password : posmotif). Siapkan juga peralatan, bahan plus mental untuk membongkar dan memotong kabel lampu utama sepeda motor, kemudian perhatikan dengan seksama dan teliti video tutorial yang sudah di download tersebut. Harap hati-hati, sabar dan santai dalam pengerjaan. Ingat : DWYOR (Do With Your Own Risk).


Jika semua berjalan lancar, dan berhasil Menonaktifkan Fitur AHO Menggunakan Saklar Tambahan, minimal kita sudah membantu mengurangi beban aki sepeda motor kita, terutama pada saat motor pertama kali dihidupkan. Sebaiknya gunakan saklar alternatif yang original dari sepeda motor type lain, misalnya : saklar lampu original Yamaha Vixion old, yang bisa digunakan untuk Yamaha YZF-R25, Yamaha MT25, Kawasaki Ninja FI dan lain-lain.

Mari kita bijak memanfaatkan modifikasi ringan ini, jika mesin sepeda motor kita sudah hidup, kondisi mesin sudah cukup panas, dan kita sudah siap untuk melaju di jalan raya, harap mengaktifkan AHO atau lampu utama sepeda motor, sebagai bentuk mendukung ketertiban dan mentaati peraturan lalu lintas.

Sumber Video
Dari : Kanal Youtube
Pembuat : Abu Lhee (Zuamotovlog)
Thanks Bro...

Belum ada Komentar untuk "Menonaktifkan Fitur AHO Menggunakan Saklar Tambahan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Navigasi Home Artikel