Review Motor Yamaha MT25 Secara Singkat

Review Motor Yamaha MT25 ini akan mengulas secara sederhana salah satu sepeda motor yang menurut posmotif pribadi dan beberapa rekan-rekan, kurang begitu terkenal di banding saudaranya yaitu Yamaha YZF-R25. Namun demikian motor ini cukup bagus, bahkan bisa memimpin dalam hal penjualan untuk pasar kelas naked bike 250cc.



Review Yamaha MT25


Review Yamaha MT25 Secara Singkat

Blog Motor posmotif akan coba mereviewnya sesimple mungkin motor produksi Yamaha Indonesia ini, namun tidak secara detail dikarenakan keterbatasan saya yang bukan ahli dibidang otomotif khususnya sepeda motor, melainkan hanya sebagai konsumen dan penikmat.

Motor 250cc 2 silinder

Yamaha MT25 adalah sepeda motor tipe 4 tak berjenis naked bike dengan kapasitas mesin kurang lebih 250cc yang diproduksi oleh Yamaha Motor Indonesia. Diluncurkan pertama kali pada tahun 2015. Motor ini merupakan versi non fairing dari YZF-R25, dirakit oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing dan diekspor ke Jepang, Amerika Serikat, negara-negara di Eropa, dan negara lainnya dengan nama Yamaha MT03. Untuk spesifikasi Yamaha MT25 bisa di lihat pada tabel berikut.


Spesifikasi Motor Yamaha MT25

Spesifikasi Yamaha MT25 dikutip langsung dari situs resmi Yamaha
https://yamaha-indonesia.com
WARNA TAHUN 2019Abu-abu, Hitam, Biru
MESINTipe mesin 4 langkah berpendingin cairan, DOHC
Jumlah/posisi silinder 2 silinder/tegak
Diameter x Langkah 60,0 x 44,1 mm
Perbandingan kompresi 11,6 : 1
Daya maksimum 26,5 kW/12.000 rpm
Torsi maksimum 22,6 Nm/10.000 rpm
Sistem starter elektrik starter
Sistem pelumasan basah
Kapasitas oli mesin total = 2,40L : berkala = 1,80L
Jika ganti filter oli = 2,10L
Sistem bahan bakar Fuel Injection
DIMENSIP x L x T 2.090 mm x 745 mm x 1.035 mm
Jarak sumbu roda 1.380 mm
Jarak terendah ke tanah 160 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Berat Isi 165 Kg
Kapasitas tangki besin 14 Liter
RANGKATipe rangka Diamond Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Swing Arm
Ban depan 110/70-17M/C (54S)
Ban belakang 140/70-17M/C (66S)
Rem depan Single disc brake
Rem belakang Single disc brake
KELISTRIKANSistem pengapian TCl
Battery GTZ8V
Tipe Busi NGK/CR9E

Review Singkat Yamaha MT25 Dari Sisi Desain

Membahas design sebenarnya lebih ke arah selera masing-masing personal, menurut posmotif secara keseluruhan design Yamaha MT25 sudah oke, terutama design bagian mesin yang terlihat terbuka (Naked Bike), yang memang sengaja menonjolkan aura kepadatan mesin.

Ulasan Yamaha MT25

Fungsi Pendukung Dan Desain Headlamp

Sangat disayangkan ketika melihat bagian headlamp, desainnya agak kurang gahar, sehingga membuat penampilan headlamp MT25 terlihat biasa-biasa saja. Desain headlamp kalah jauh jika dibandingkan dengan saudaranya yaitu Yamaha MT15. Pada bagian stop lamp sudah menggunakan LED, sementara lampu sein masih tetap menggunakan bulb. Untuk pane-panel saklar sudah terdapat passing light dan engine cut.

Spedometer Dan Informasi Yang Tampil

Panel spedometer pada motor 250cc ini menggunakan sistem kombinasi analog dan digital, panel analog menampilkan informasi rpm, sedangkan panel digital menampilkan informasi kecepatan, indikator bahan bakar, jam dan multitrip, dengan tambahan indikator posisi gear, membuat panel spedometer motor 250cc Yamaha ini lebih lengkap dibanding rivalnya Kawasaki Z250.

Desain Stang Kemudi

Stang kemudi yang digunakan Yamaha MT25 memakai model fatbar. Posisi berkendara terbilang cukup nyaman dengan posisi riding yang agak tegak, diajak meliuk-liukpun motor ini tetap terkendali dengan aman.

Desain Tangki, Shroud dan Mesin

Beralih ke bagian tengah, tangki Yamaha MT25 masih bertipe model kondom, membuat tangki utama minimal cukup aman karena terlindungi cover tangki. Dibawah tangki terdapat shroud yang berfungsi untuk membantu mengalirkan udara, kemudian untuk desain bagian mesin, terlihat padat kekar dan berisi. Membuat penampilan Yamaha MT25 sebagai motor naked bike yang gagah dan sporty.

Seat dan Desain Bagian Buritan

Jok pengendara bermodel split seat, terpisah antara pengendara dan pembonceng. Desain buritan di Yamaha MT25 terdapat behel yang memudahkan pengendara untuk mengarahkan atau menggeser motor di area parkir. Behel inilah yang membedakan bagian buritan MT25 dengan Yamaha R25. Buritan Yamaha R25 tidak terdapat behel, selebihnya sama saja.

Kaki-kaki, Velg Dan Silincer

Lanjut ke sektor kaki-kaki, Yamaha MT25 menggunakan shock depan teleskopik dan shock belakang monoshock, velg yang digunakan berdiameter 17 inch, dilengkapi dengan cakram depan belakang. Sedangkan silincer atau knalpot bermodel underbelly yang menambah kesan naked bike pada motor ini semakin kental.


Review Pemakaian Harian Yamaha MT25

Sampai postingan ini terbit, jarak kilometer di spidometer Yamaha MT25 posmotif sudah mencatat angka sekitar 6.000an lebih, Overall Motor Yamaha MT25 menurut posmotif cukup baik. Berikut adalah review pemakaian harian Yamaha MT25 versi posmotif

Spesifikasi Yamaha MT25

Posisi berkendara Dan Hal-hal Lain

Berkat stang model fatbar, ketika dikendarai motor ini tidak terlalu menunduk, lebih mengarah ke posisi tegak. Cukup nyaman untuk rider yang sudah berumur seperti posmotif, Untuk melahap jalanan lurus dan melibas tikunganpun motor MT25 cukup stabil. Ketika mencoba dikendarai sambil berboncengan, tidak ada gejala cepat lelah, yang agak mengganggu yaitu adanya gap atau jarak kosong antara pengendara dan penumpang, khususnya untuk rider yang berperawakan kurus.

Performa Mesin MT25

Mesin Yamaha MT25 yang berkapasitas 250cc 2 silinder 4 tak ini dirasa cukup baik, torsi yang dirasakan cukup berisi, tampaknya yamaha memang sengaja membuat mesin motor MT25 ini agar sesuai dengan seri yang diusungnya yaitu MT (Master Of Torque). Suara mesin yang dihasilkan terdengar mendesing halus jika masih menggunakan knalpot standar bawaan pabrik.

Konsumsi Bahan Bakar

Inilah salah satu kelebihan Yamaha MT25, walau berstatus motor 250cc, tapi konsumsi bbm yang dibutuhkan motor ini terbilang cukup irit. walau sudah mengganti knalpot full sistem dan CO di setting ulang, konsumsi bbm MT25 tetap irit, lebih irit jika dibandingkan dengan Kawasaki Z250 atau Kawasaki Ninja 250 FI.

Pengereman Depan Dan Belakang

Sistem pengereman motor yang di review belum menggunakan teknologi ABS. Tetapi fungsi pengereman depan dan belakang cukup baik. Ketika dicoba untuk hard brake - pengereman keras, motor ini tetap stabil. Ketika dilakukan pengereman di jalanan menikung, pengereman bekerja dengan cukup baik.


Kelebihan Dan Kekurangan Yamaha MT25

Untuk membahas hal ini, ada yang perlu kita ingat yaitu produk apapun itu baik merk dan tipenya pasti ada kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi penilaian tergantung dari sudut pandang masing-masing.

Kelebihan
  • Harga lebih murah dibandingkan kompetitor lain untuk kelas motor 250cc.
  • Jaringan servis dan part yamaha cukup luas.
  • Desain sporty dan bagian mesin terlihat padat.
  • Konsumsi bbm cukup irit untuk kelas motor 250cc.
Kekurangan
  • Posisi jok bagian belakang kurang nyaman ketika membonceng, terdapat gap atau ruang kosong jika rider berperawakan kurus.
  • Desain headlamp kurang gahar. Kalah jauh jika dibandingkan dengan sang adik yaitu motor yamaha MT15.
  • Terkena program recall. Sebenarnya recall untuk penggantian beberapa part, setelah di cek harga part-part tersebut tidak mahal. Hal ini bisa dijadikan sisi positif bahwa Yamaha cukup memperhatikan produknya yang telah sampai ke tangan konsumen.
Untuk rekan-rekan posmotifer pemilik Yamaha R25 dan Yamaha MT25 yang kebetulan motornya terkena program recall, dan terlewat mengikuti program recall, bisa membaca artikel : Cara Ikut Recall R25 Dan MT25


Kesimpulan Review Yamaha MT25

Motor Naked Bike dari Yamaha ini cukup bagus dan mempunyai harga yang cukup murah dibanding motor 250cc lain. Berkat kelebihan yang dimiliki Yamaha MT25, yaitu konsumsi bahan bakar yang cukup irit, MT25 layak dijadikan motor harian untuk menemani kegiatan sehari-hari.

Yamaha MT25

Review Motor Yamaha MT25 ini adalah murni menurut pengalaman pribadi posmotif sebagai konsumen, tanpa ada unsur-unsur apapun didalamnya. Intinya adalah jika kita memang suka dengan jenis motor naked bike, baik dari sisi desain, mesin dan lain sebagainya, Yamaha MT25 bisa menjadi pilihan terbaik.

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

2 Komentar untuk "Review Motor Yamaha MT25 Secara Singkat"

  1. Motor enak ini bang. Enteng ga rewel part murmer pula hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, biar enteng bodi tetap kekar

      Hapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Navigasi Home Artikel